Desa Sejahtera Mandiri Dirancang untuk Memperkuat Pemberdayaan Sosial

Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menyiapkan beberapa program kegiatan menyiasati nawacita Presiden RI Joko Widodo. Terutama untuk point membangun dari pinggiran dan perbatasan negara.

Dalam rangka turut hadir membangun perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kemensos merancang program Desa Sejahtera Mandiri, Kemensos berupaya melaksanakan pemberdayaan sosial dan penguatan masyarakat bidang kesejahteraan sosial di wilayah perbatasan.

Dikemukakan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, Kabupaten Sambas adalah satu dari lima daerah di Kalimantan Barat sebagai kawasan perbatasan NKRI. Kab Sambas terang dia masuk dalam radar program Kemensos tersebut.

“Kabupaten Sambas diundang langsung Kementerian Sosial RI di Jakarta guna mengikuti pertemuan kegiatan sinkronisasi kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah perbatasan,” ujar Bupati.
Kemensos terang Bupati, mengimplementasikan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah perbatasan melalui program desa sejahtera mandiri.

Rapat dipimpin langsung Menteri Sosial Idrus Marham. “Ada 41 Kepala Daerah, yakni 38 Bupati dan 3 Walikota,” ungkap dia. Dari Kalimantan Barat, disebutkan Bupati, Sambas bersama empat kabupaten lain seperti Bengkayang, Sintang, Kapuas Hulu dan Sanggau.

Dari pertemuan yang digelar di hotel Swiss Bell Jakarta, Sabtu (2/3), dijelaskan Bupati Sambas, Desa Sejahtera Mandiri dirancang untuk memperkuat pemberdayaan sosial dan penguatan kesejahteraan sosial masyarakat perbatasan.

“Masing-masing daerah diminta untuk mempresentasikan profil sosial masyarakat perbatasan. Dari hasil presentasi tersebut, kemudian dipetakan permasalahan dan penyusunan rencana kegiatan desa sejahtera mandiri daerah perbatasan,” sebut Atbah.

Semua hasil dari pertemuan itu, diterangkan dia segera ditindak lanjuti Direktorat Jenderal Sosial Kemensos RI. Atbah mengajak seluruh komponen masyarakat kab sambas mendukung program Kemensos tersebut. “Kita patut bersyukur kepada Allah Swt, dan mengapresiasi program kemensos RI ini. Mari kita doakan ini menjadi bagian mewujudkan Kabupaten Sambas Hebat, Sejahtera dan Unggul,” harap dia.